Dua Musisi Indonesia Menggebrak Industri Musik AS, Winky Wiryawan Turun Tangan

NEWSTERKINI.COM, JAKARTA – Dua musisi electronic dance music (EDM) Indonesia debut di label AS.

Mereka adalah Samrei dan Fortebeats yang merilis single bersama Astralwerks Record, sebuah label yang berbasis di New York, AS.

Samrei merilis sebuah lagu berjudul ‘Show Me’ dan untuk Fortebeats dia membuat remix single Jonas Blue ‘Perfect Stranger ‘.

Kesempatan ini bermanfaat karena Samrei memenangkan tempat pertama dan Fortebeats menjadi pemenang campuran di Kontes Produser Musik Elektronik (EMPC) 2022.

Dalam acara tersebut, DJ kenamaan Indonesia, Winky Wiryawan menjadi salah satu juri yang turut menentukan kemenangan Semrei dan Fortebeats.

“Kalau soal kualitas, hampir semuanya punya karakter, meski belum sepenuhnya matang. Misalnya dalam hal pemilihan sound, chart lagu, mix, mastery dan soul sebuah lagu, ada yang kurang bagus menurut kriteria penilaian ” kata Winky Wiryawan dalam wawancara virtual, Rabu (21/6/2023).

“Untuk menentukan 20 besar menurut saya sangat sulit karena banyak penerbit yang sangat matang,” ujarnya.

Dijelaskan Samrei, mengaransemen lagu-lagunya memang sangat menantang karena menetapkan standar yang tinggi. Karena dalam proyek ini lagu tersebut akan bersanding dengan karya musisi internasional lainnya.

“Saya menekan diri sendiri karena nanti lagu ini akan masuk Astralwerks bersama dengan lagu-lagu keren mereka, jadi saya harus total dalam membuat karya ini,” kata Samrei.

“Itulah mengapa saya melakukan pekerjaan terbaik saya. Show Me You Miss Me menonjolkan bagian sound design, selain itu dari segi aransemen dan komposisi juga ditambahkan unsur disko, funk dan synthwave dengan berbagai modulasi fx sehingga lagu dan musik akan memiliki karakter yang unik, ” tambahnya

Fortebeats punya ceritanya sendiri saat me-remix single Jonas Blue, Perfect Stranger, yang pecah enam tahun lalu.

“Perfect Stranger versi saya adalah interpretasi yang tidak kalah menarik dari versi aslinya. Tentu versi saya memasukkan sentuhan house music yang memiliki track record evolusioner puluhan tahun. Saya percaya saya bisa memberikan yang terbaik,” kata Fortebeats.

Sigit Diapsoputra sebagai perwakilan dari Iceperience.id yang menggelar EMPC 2022 berharap apa yang telah dicapai oleh Samrei dan Fortebeats dapat memicu semangat musisi lainnya.

“Semoga prestasi Samrei dan Fortebeats menjadi pemicu bagi peserta lainnya untuk terus berkarya dengan sebaik mungkin. Saya ucapkan selamat, kami melihat Samrei sebagai pemenang pertama dan Fortebeats sebagai pemenang campuran, keduanya memiliki potensi besar untuk sukses,” ujar Sigit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *