Gubernur Rohidin Serahkan Bantuan Alsintan kepada Petani Secara Gratis di Bengkulu

NEWSTERKINI.COM – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan sejumlah bantuan kepada petani guna meningkatkan produktifitas pertanian di daerah ini.

Pemberian bantuan ini merupakan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat tertunda, lantaran sebelumnya sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19.

Salah satunya program bidang pertanian yaitu Program Pengadaan Alsintan Gratis untuk petani, berupa hand tracktor, kultivator, mesin air dan hand sprayer.

Menurut Gubernur Rohidin, alsintan dan alat pertanian lainnya yang diberikan kepada kelompok tani merupakan bantuan yang sudah menjadi hak petani dari anggaran pemerintah daerah yaitu APBD dan disetujui wakil rakyat (DPRD).

Untuk itu dirinya berharap, setelah hak petani ini diterima, alat pertanian tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Memang secara keseluruhan belum mencukupi, tapi secara bertahap hak petani ini kita program terus. Sehingga sarana penunjang pertanian di Bengkulu dari waktu ke waktu semakin baik,” jelas Gubernur Rohidin usai pimpin penyerahan Bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Selasa (27/09).

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, tujuan petani itu ingin produksi pertanian optimal dan harga jual yang layak. Oleh karena itu menurutnya, untuk mendapatkan hal tersebut, petani harus melakukan 3 hal yaitu semangat dan kemauan, kemampuan atau SDM petani cukup dan tersedianya alat pertanian.

“Kalau ketiganya ada maka saat berangkat ke lahan pertanian atau perkebunan itu bisa melangkah dengan yakin dan bisa dipastikan hasil pertanian akan maksimal,” imbuh Gubernur Rohidin yang sebelumnya juga berikan arahan pada Apel Pagi kepada seluruh ASN dan THL di Linkungan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Kadis TPHP Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan, bantuan alsintan pertanian pada tahap ini diberikan kepada 75 Kelompok Tani Kota Bengkulu dan 20 Kelompok Tani Bengkulu Tengah.

“Jadi ada 5 hand traktor, 10 pompa air, 200 hand sprayer masing-masing 5 unit kepada setiap kelompok dan 430 terpal. Kami harapkan alsintan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani,” ujar Ricky.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *